Sabtu, 31 Agustus 2013

makalah hubungan sejarah dengan sosiologi

BAB 1
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Manusia dan kehidupannya selalu menarik untuk kita kaji. Hal itu disebabkan objek kajiannya adalah diri kita sendiri maupun orang-orang disekitar kita. Ilmu yang mengkaji masalah kehidupan manusia salah satunya sosiologi/sejarah.
Sejarah adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang  kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa.
Sosiologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang hubungan-hubungan sosial yang ada dalam masyarakat, memfokuskan kajiannya pada peran dan kedudukan individu dalam masyarakat serta hubungan diantara keduanya.
objek kajian antara sosiologi dan sejarah tidak jauh berbeda, namun sejarah membatasinya dengan konsep ruang dan waktu. 


B. Rumusan Masalah
1.        Pengertian Sosiologi dan Sejarah;
2.        Konsep Dasar Sosiologi dan Sejarah;
3.        Objek Kajian Sosiologi dan Sejarah;
4.        Metode Sosiologi dan Sejarah;
5.        Perbedaan dan Persamaan Sosiologi dan Sejarah.

C. Tujuan Penulisan
1.      Dapat mengetahui pengertian Sosiologi dan Sejarah;
2.      Dapat mengetahui tentang konsep dasar Sosiologi dan Sejarah;
3.      Dapat mengetahuiobjek kajian Sosiologi dan Sejarah;
4.      Dapat mengetahui perbedaan dan persamaan Sosiologi dan Sejarah.


BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Sosiologi dan Sejarah
Kata Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu “socius” dan “logos”. Socius berarti teman, kawan, dan masyarakat. Logos berarti ilmu pengetahuan atau pikiran. Para ahi mendefenisikan sosiologi sebagai berikut:
1.      Emile Durkheim
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial.
2.      Soerjono Soekanto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum masyarakat.
3.      Paul B.Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

Kata Sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadihistory, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi. Para ahi mendefenisikan sosiologi sebagai berikut:
1.        Moh. Yamin
Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang di susun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang di buktikan degan kenyataan.
2.        R. Moh Ali
o   Sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang seluruhnya berkaitan dengan hidup manusia.
o   Sejarah adalah cerita yang tersusun sistematis.
o   Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian pada masa lampau.
3.        Patrick Gardiner
 Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah di perbuat manusia.   
4.        J.V Brice
Sejarah adalah catatan tentang segala yang telah di pikirkan, di katakana, dan di perbuat manusia. Pengertian sejarah berbeda dengan ilmu sejarah. Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lampau  sedangkan ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia.


B.  Konsep Dasar Sosiologi dan Sejarah

1. Konsep Dasar Sosiologi
Ada beberapa konsep yang diuraikan dalam sosiologi yaitu masyarakat, individu, hubungan dan fakta sosial. Untuk itu, akan dijelaskan konsep-konsep tersebut satu persatu menurut Peter L. Berger, yaitu:
a.         Masyarakat
Defenisi masyarakat adalah suatu keseluruhan kompleks hubungan manusia yang luas sifatnya. Oleh karena itu, Berger mendefenisikan juga masyarakat sebagai “yang menunjukkan pada suatu sistem interaksi, atau tindakan yang terjadi paling kurang antara dua orang yang saling mempengaruhi perilakunya”
b.        Individu
Individu menunjuk pada subjek yang melakukan sesuatu, memiliki pikiran, kehendak, memiliki kebebasan, memberim arti pada sesuatu, mampu menilai tindakan dna hasil tindakannya. Intinya, individu merupakan subjek yang bertindak (actor).
c.         Hubungan Individu dan Masyarakat
Pengertian hubungan disini berarti bahwa kedua kenyataan, yaitu subjektif dan objektif saling menentukan, yang satu tidakm ada tanpa yang lain.
d.        Fakta Sosial
Fakta sosial bias juga disebut fenomena sosial atau realitas sosial yang merupakan suatu kekuatan yang menekan individu dari luar, memaksanya untuk berbuat sesuai dengan fakta social.
 2. Konsep Dasar Sejarah
         Mempelajari sejarah bukan merupakan suatu kegiatan statis malah justru merupakan kegiatan yang dinamis ke masa yang akan datang.
Konsep Dasar Sejarah:

a.         Konsep Perubahan dan Kesinambungan
Ilmu sejarah mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Masa lampau memiliki pengertian yang sangat luas, bisa berarti satu abad yang lalu, puluhan tahun yang lalu, sebulan yanglalu, sehari yang lalu atau sedetik yang lalu, bahkan waktu sekarang ketika sedang membaca tulisan iniakan menjadi masa lampau. Kita harus menyadari bahwa rangkaian peristiwa sejarah sejak adanyamanusia sampai sekarang adalah peristiwa yang berkelanjutan atau berkesinambungan (continuity).
Roeslan Abdul Ghani mengatakan bahwa ilmu sejarah ibarat penglihatan terhadap tiga dimensi ,yaitu pertama, penglihatan ke masa silam, kedua ke masa sekarang dan ketiga ke masa depan (to studyhistory is to study the past to built the future).Dengan demikian, mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan selalu terkait dengan “waktu’ (time) yang terus bergerak dari masa sebelumnya ke masa-masa berikutnya serta melahirkan peristiwa- peristiwa yang baru yang saling terkait sehingga perjalanan sejarah tidak pernah berhenti (stagnan).Ilmu sejarah juga mengenal adanya konsep ”perubahan” (change) kehidupan sejak adanyamanusiasampai sekarang yang berlangsung secara lambat (evolusi) ataupun berlangsung dengan cepat(revolusi).
b.        Konsep kronologi dan PeriodisasiKronologi,
 berarti sesuai dengan urutan waktu Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung denganurutan waktu sehingga peristiwa-peristiwa sejarah tidak terjadi secara melompat-lompat urutanwaktunya, atau bahkan berbalik urutan waktunya (anakronis). Oleh karena itu, dalam mempelajarisejarah agar kita mendapat pemahaman yangbaik harus memperhatikan urutan-urutan kejadiannya(kronologis).Selain kronologi dalam sejarah dikenal juga istilah
kronik 
, yaitu merupakan kisah atau catatan sejarahyang diceritakan pada berdasarkan urutan waktu. Contoh : kronik China catatan perjalanan Fa-Hien dan perjalanan I-tsing.Periodisasi adalah pembagian atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yangs sangat panjangmenjadi beberapa zaman. Pada hakikatnya, istilah periodisasi dalam ilmu sejarah tidak ada, namun adatujuan dari periodisasi sejarah, yaitu :
1)      Memudahkan Mempelajari Sejarah
 Peristiwa-peristiwa masa lampau yang demikian panjang dan banyak dikelompokkan, disederhanakan,dan diringkas menjadi beberapa periode sehingga memudahkan memahami sejarah.
2)        Memahami Peristiwa-peristiwa Sejarah Secara Kronologis
 Periode-periode sejarah tersebut harus disusun secara kronologis agar memudahkan pembacamemahami kronologi sejarah yang panjang saling berkaitan



C.  Objek Kajian Sosiologi dan Sejarah

1. Objek study sosiologi adalah masyarakat, dengan focus hubungan antar manusia dan proses sebab akibat yang timbul dari hubungan antar manusia tersebut.
2. Peninggalan masa lalu yang berupa prasasti, artefak, catatan kenegaraan,manusia, alam, kejadian atau kegiatan manusia di masa lampau.

D.  Perbedaan dan Persamaan Sosiologo dan Sejarah

1.        Perbedaan Antara Sosiologi dan Sejarah
Sejarah menaruh perhatian khusus pada sifat-sifat unik dari sebuah peristiwa sejarah 
sedangkan sosiologi hanya mengamati peristiwa-pwristiwa yang merupakan proses 
sosial yang muncul dari hubungan antarmanusia dalam situasi dan kondisi yang 
berbeda-beda. 
Artinya sejarah menyoroti perbedaan-perbedaan yang terjadi pada peristiwa-pertistiwa yang sama, sedangkan sosiologi menyoroti persamaan-persamaan yang ada dari peristiwa yang berbeda.
Sejarah mempelajari peristiwa masa silam, sejak manusia mengenal peradaban. Peristiwa-peristiwa itu kemudian dihubungkan satu sama lain sehingga diperoleh gambaran menyeluruh pada masa lampau serta mencari sebab terjadinya atau memperkuat tersebut. sosiologi juga memerhatikan masa silam, tetapi terbatas pada peristiwa yang merupakan proses kemasyarakatan dan timbul dari hubungan antarmanusia dalam situasi dan kondisi yang berbeda.




2.        Persamaan Antara Sosiologi dan Sejarah
·         Keduanya mempelajari kejadian dan hubungan yang dialami masyarakat/manusia.
·         Baik Antropologi dan Sosiologi adalah dua ilmu yang masing-masing dapat diterapkan pada masa lalu ataupun masa kini.
·         Bertujuan untuk mencapai pengertian tentang azas-azas hidup masyarakat dan manusia pada umumnya.








BAB III
PENUTUP

    A.   Kesimpulan
Sosiologi dan Sejarah Merupakan dua ilmu sosial yang sama-sama mengkaji kejadian dan hubungan yang dialami manusia. Sejarah lebih difokuskan pada peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan juga ingin menemukan sebab-sebab terjadinya suatu peristiwa. Sejarah menaruh perhatian khusus pada sifat-sifat unik dari sebuah peristiwa sejarah sedangkan sosiologi hanya mengamati peristiwa-pwristiwa yang merupakan proses sosial yang muncul dari hubungan antarmanusia dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Artinya sejarah menyoroti perbedaan-perbedaan yang terjadi pada peristiwa-pertistiwa yang sama sedangkan sosiologi menyoroti persamaan-persamaan yang ada dari peristiwa yang berbeda.


    B.   Saran
Sosiologi dan Sejarah sangat besar peranannya dalam perkembangan kehidupan manusia sehingga diharapkan kepada kita semua untuk selalu mengembangkan wawasan dan memperdalam pemahaman tentang kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan Sosiologi dan Sejarah.



DAFTAR PUSTAKA




1 komentar:

  1. Best online baccarat game in the world | worrione
    Baccarat หาเงินออนไลน์ is one of the few games 인카지노 in the world. The game is played by many players in a very simple style and you can play at the table without 바카라 사이트 risking

    BalasHapus